Pengertian
Konsumen
Konsumen
adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa
yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga,
orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Jika
tujuan pembelian produk tersebut untuk dijual kembali, maka dia disebut
pengecer atau distributor. Pada masa sekarang ini bukan suatu rahasia
lagi bahwa sebenarnya konsumen adalah raja sebenarnya, oleh karena itu produsen
yang memiliki prinsip holistic marketing sudah seharusnya memperhatikan
semua yang menjadi hak-hak konsumen.
Menurut
pengertian Pasal 1 angka 2 UU PK, “Konsumen adalah setiap orang pemakai barang
dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri
sendiri,keluarga,, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk
diperdagangkan.”
Peran
Konsumen
Pastinya anda sendiri pernah merasa
bingung pada saat akan memilih barang. Dengan jumlah uang yang anda miliki,
anda harus cermat dalam menentukan pilihan barang yang akan anda beli nantinya.
Misalnya, anda diberi uang jajan sebesar 44.000,- per hari. Dalam satu hari,
anda dapat menabung sebesar Rp 2.000,- Setelah selama satu bulan, tabungan anda
sudah mencapai Rp 60.000,- Pada saat awal bulan berikutnya, anda berkeinginan
membeli buku tulis, tas, pulpen, dan buku pelajaran. Oleh karena semua
kebutuhan tersebut tidak dapat dipenuhi sekaligus, mengingat dana yang tersedia
terbatas, anda harus dapat memilih kebutuhan apa yang harus lebih
diprioritaskan. Beragamnya barang dan jasa yang ditawarkan oleh pihak produsen
menuntut pemilihan barang dan jasa yang lebih selektif oleh setiap konsumen.
Sebagai konsumen tentunya anda memiliki peran yang sangat besar dalam
menentukan suatu pilihan terhadap barang atau jasa. Oleh karena itu, dapat
dijelaskan bahwa konsumen memiliki perannya sebagai berikut.
- Konsumen sebagai pengguna dari dari barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen.
- Konsumen sebagai motivator bagi kegiatan perusahaan, karena semakin banyak barang atau jasa yang digunakan konsumen semakin tinggi motivasi produsen dalam memproduksi barang atau jasa tersebut.
- Konsumen dapat menciptakan efek berantai (multiplier effect), dalam terciptanya peningkatan pendapatan nasional (GNP), suatu negara.
Daftar
Pustaka
0 komentar:
Posting Komentar